PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 MUARO JAMBI

Authors

  • nisa aulia UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Keywords:

minat belajar, sumber belajar berbasis lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan, pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Muaro Jambi minat belajar siswa masih tergolong rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan dengan persentase nilai rata-rata minat belaja siswa pada pra siklus 48,89%, siklus I 79,77%, dan siklus II 91,54% dengan kategori minat belajar siswa sangat tinggi, dan persentase keberhasilan siswa pada pra siklus 11%, siklus I 64,70%, dan siklus II 100% dengan kategori minat belajar siswa sangat tinggi. Serta terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa siklus 1 60% dan siklus II 87,2%.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan, pada kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Muaro Jambi minat belajar siswa masih tergolong rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan pemanfaatan sumber belajar berbasis lingkungan dengan persentase nilai rata-rata minat belaja siswa pada pra siklus 48,89%, siklus I 79,77%, dan siklus II 91,54% dengan kategori minat belajar siswa sangat tinggi, dan persentase keberhasilan siswa pada pra siklus 11%, siklus I 64,70%, dan siklus II 100% dengan kategori minat belajar siswa sangat tinggi. Serta terjadinya peningkatan aktivitas guru dan siswa siklus 1 60% dan siklus II 87,2%.

Downloads

Published

2025-03-22

Issue

Section

Articles