ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU KELAS V SD N 04 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.30631/pej.v8i1.133Keywords:
Bahan ajar tematik terpaduAbstract
Bahan ajar yang ada belum mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu perlu pengembangan bahan ajar. Solusi ini diwujudkan dalam bentuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Berdasarkan hasil analisis menemukan materi, indikator dan tujuan pembelajaran belum sesuai sehingga hasil analisisnya dapat digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan bahan ajar yang diharapkan
Abstract
Bahan ajar yang ada belum mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Untuk itu perlu pengembangan bahan ajar. Solusi ini diwujudkan dalam bentuk mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Berdasarkan hasil analisis menemukan materi, indikator dan tujuan pembelajaran belum sesuai sehingga hasil analisisnya dapat digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan bahan ajar yang diharapkan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.