UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN
DOI:
https://doi.org/10.30631/pej.v8i1.132Keywords:
Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Koneksi Matematis SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelejaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MI Nurul Iman Pematang Gajah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas V dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (67,04%) termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II terus mengalami peningkatan sebesar (90,90%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (63,63%) dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II terus mengalami peningkatan sebesar (88,63%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil kemampuan koneksi matematis siswa pada siklus I dengan nilai persentase (64,70%) termasuk kategori cukup, sedangkan pada siklus II terus mengalami peningkatan sebesar (90,69%) yaitu dalam kategori sangat baik dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas V MI Nurul Iman Pematang Gajah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan kemampuan koneksi matematis siswa melalui model pembelejaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di MI Nurul Iman Pematang Gajah. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada kelas V dengan jumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data ini melalui lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil test, sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan rumus persentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (67,04%) termasuk dalam kategori baik sedangkan pada siklus II terus mengalami peningkatan sebesar (90,90%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (63,63%) dalam kategori cukup sedangkan pada siklus II terus mengalami peningkatan sebesar (88,63%) yaitu dalam kategori baik sekali. Hasil kemampuan koneksi matematis siswa pada siklus I dengan nilai persentase (64,70%) termasuk kategori cukup, sedangkan pada siklus II terus mengalami peningkatan sebesar (90,69%) yaitu dalam kategori sangat baik dan sudah memenuhi ketuntasan klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan kemampuan koneksi matematis siswa kelas V MI Nurul Iman Pematang Gajah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.