PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30631/pej.v8i1.131Keywords:
Model pembelajaran CIRC, Kemampuan MembacaAbstract
Berdasarkan hasil observasi membuktikan bahwa terdapat beberapa siswa belum bisa membaca, terdapat siswa yang belum bisa juga memahami isi bacaan pada materi bacaan, ada siswa yang membacanya masih secara terbata-bata, dan guru yang mengajar masih menggunakan model convensional serta belum mengetahui model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa sekolah dasar kelas IV yang berjumlah 14 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC). Peningkatan kemampuan membaca siswa pada siklus I terdapat sebanyak 16 siswa yang aktif atau sesuai dengan KKM Dengan persentase 47,05% dan 18 siswa yang kurang aktif atau tidak memenuhi KKM dengan persentase 52,95%. Kemudian pada siklus II sebanyak 29 siswa yang aktif atau sesuai dengan KKM dengan persentase 85,29% dan 5 siswa yang tidak aktif atau tidak memenuhi KKM dengan persentase 14,71%.
Abstract
Berdasarkan hasil observasi membuktikan bahwa terdapat beberapa siswa belum bisa membaca, terdapat siswa yang belum bisa juga memahami isi bacaan pada materi bacaan, ada siswa yang membacanya masih secara terbata-bata, dan guru yang mengajar masih menggunakan model convensional serta belum mengetahui model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Adapun penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa sekolah dasar kelas IV yang berjumlah 14 laki-laki dan 20 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca siswa dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Coomposition (CIRC). Peningkatan kemampuan membaca siswa pada siklus I terdapat sebanyak 16 siswa yang aktif atau sesuai dengan KKM Dengan persentase 47,05% dan 18 siswa yang kurang aktif atau tidak memenuhi KKM dengan persentase 52,95%. Kemudian pada siklus II sebanyak 29 siswa yang aktif atau sesuai dengan KKM dengan persentase 85,29% dan 5 siswa yang tidak aktif atau tidak memenuhi KKM dengan persentase 14,71%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.