PENGARUH METODE SQ3R ( SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM JELUTUNG
DOI:
https://doi.org/10.30631/pej.v8i1.130Keywords:
METODE SQ3R ( SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahamanAbstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode SQ3R (Survey,Question,Read, Recite,Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung. Dilatarbelakangi Rendahnya kemampuan membaca pemahaman tampak ketika siswa menjawab pertanyaan dan menentukan kalimat utama dalam paragraf siswa masih kesulitan, begitupun ketika menceritakan atau meringkas isi bacaan siswa tidak mampu dan lebih banyak diam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi eksperimental – Non-equivalent control group design. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik puposive sampling, populasi pada penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel berjumlah 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol . Instumen yang digunakan adalah Observasi dan tes, Tes beupa soal objektif terdiri dari 20 soal ,observasi digunakan untuk melihat tingkat pemahaman membaca siswa,. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t Paired Sample T-test membaca pemahaman siswa dilihat pada tabel Paired Samples Statistics bahwa sig membaca pemahaman pada kelas kontrol 0,006< 0,05, sedangkan pada kelas kelas eksperimen 0,000<0,05, maka artinya secara deskriptif nilai probabilitas atau signifikansi 2-tailed yaitu 0,05 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima . Kemudian dapat dilihat pada tabel Paired Sample T-test dikelas bahwa diperoleh nilai thitung = -5,776 untuk ttabel dengan taraf signifikansi 1,701. Sedangakan pada kelas eksperimen thitung ttabel atau -5,776 1,701 dan pada kelas kontrol thitung ttabel atau -3,014 1,701 artinya Ha di terima dan Ho di tolak.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode SQ3R (Survey,Question,Read, Recite,Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung. Dilatarbelakangi Rendahnya kemampuan membaca pemahaman tampak ketika siswa menjawab pertanyaan dan menentukan kalimat utama dalam paragraf siswa masih kesulitan, begitupun ketika menceritakan atau meringkas isi bacaan siswa tidak mampu dan lebih banyak diam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi eksperimental – Non-equivalent control group design. Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik puposive sampling, populasi pada penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel berjumlah 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol . Instumen yang digunakan adalah Observasi dan tes, Tes beupa soal objektif terdiri dari 20 soal ,observasi digunakan untuk melihat tingkat pemahaman membaca siswa,. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t Paired Sample T-test membaca pemahaman siswa dilihat pada tabel Paired Samples Statistics bahwa sig membaca pemahaman pada kelas kontrol 0,006< 0,05, sedangkan pada kelas kelas eksperimen 0,000<0,05, maka artinya secara deskriptif nilai probabilitas atau signifikansi 2-tailed yaitu 0,05 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima . Kemudian dapat dilihat pada tabel Paired Sample T-test dikelas bahwa diperoleh nilai thitung = -5,776 untuk ttabel dengan taraf signifikansi 1,701. Sedangakan pada kelas eksperimen thitung ttabel atau -5,776 1,701 dan pada kelas kontrol thitung ttabel atau -3,014 1,701 artinya Ha di terima dan Ho di tolak.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.