PENGARUH METODE SQ3R ( SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM JELUTUNG

Authors

  • Tika Sari Uinversitas Islam Negeri Jambi
  • Hendri gunawan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • M.Syahran Jailani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30631/pej.v8i1.130

Keywords:

METODE SQ3R ( SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahaman

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode SQ3R (Survey,Question,Read, Recite,Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung. Dilatarbelakangi Rendahnya kemampuan membaca pemahaman tampak ketika siswa menjawab pertanyaan dan menentukan kalimat utama dalam paragraf siswa masih kesulitan, begitupun ketika menceritakan atau meringkas isi bacaan siswa tidak mampu dan lebih banyak diam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi eksperimental – Non-equivalent control group design.  Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik puposive sampling, populasi pada penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel berjumlah 28 siswa  kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol . Instumen yang digunakan adalah  Observasi dan tes, Tes beupa soal objektif terdiri dari 20 soal ,observasi digunakan untuk melihat tingkat pemahaman membaca siswa,. Teknik analisis data menggunakan  uji-t. Berdasarkan hasil uji-t Paired Sample T-test membaca pemahaman siswa dilihat pada tabel Paired Samples Statistics bahwa sig membaca pemahaman pada kelas kontrol 0,006< 0,05, sedangkan pada kelas kelas eksperimen 0,000<0,05, maka artinya secara deskriptif  nilai probabilitas atau signifikansi 2-tailed yaitu 0,05  0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima . Kemudian dapat dilihat pada tabel Paired Sample T-test  dikelas bahwa diperoleh nilai thitung = -5,776 untuk  ttabel dengan  taraf signifikansi 1,701.  Sedangakan pada kelas eksperimen thitung   ttabel  atau -5,776  1,701 dan pada kelas kontrol thitung   ttabel   atau -3,014   1,701 artinya Ha di terima dan Ho di tolak.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Metode SQ3R (Survey,Question,Read, Recite,Review) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Jelutung. Dilatarbelakangi Rendahnya kemampuan membaca pemahaman tampak ketika siswa menjawab pertanyaan dan menentukan kalimat utama dalam paragraf siswa masih kesulitan, begitupun ketika menceritakan atau meringkas isi bacaan siswa tidak mampu dan lebih banyak diam. Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi eksperimental – Non-equivalent control group design.  Tekhnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tekhnik puposive sampling, populasi pada penelitian ini berjumlah 144 siswa dan sampel berjumlah 28 siswa  kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol . Instumen yang digunakan adalah  Observasi dan tes, Tes beupa soal objektif terdiri dari 20 soal ,observasi digunakan untuk melihat tingkat pemahaman membaca siswa,. Teknik analisis data menggunakan  uji-t. Berdasarkan hasil uji-t Paired Sample T-test membaca pemahaman siswa dilihat pada tabel Paired Samples Statistics bahwa sig membaca pemahaman pada kelas kontrol 0,006< 0,05, sedangkan pada kelas kelas eksperimen 0,000<0,05, maka artinya secara deskriptif  nilai probabilitas atau signifikansi 2-tailed yaitu 0,05  0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima . Kemudian dapat dilihat pada tabel Paired Sample T-test  dikelas bahwa diperoleh nilai thitung = -5,776 untuk  ttabel dengan  taraf signifikansi 1,701.  Sedangakan pada kelas eksperimen thitung   ttabel  atau -5,776  1,701 dan pada kelas kontrol thitung   ttabel   atau -3,014   1,701 artinya Ha di terima dan Ho di tolak.

Downloads

Published

2024-06-25

Issue

Section

Articles