META ANALISIS PERAN TEMAN SEBAYA DALAM MENINGKATKAN SOCIAL SKILL PADA PESERTA DIDIK
Keywords:
Meta analisis; teman sebaya; social skill; peserta didikAbstract
Sahabat sebaya atau teman sebaya memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan keterampilan sosial. Teman sebaya juga berperan dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini menganalisis keberhasilan peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill pada peserta didik. Penelitian ini membandingkan 8 jurnal dan 2 skripsi yang sudah memenuhi syarat. Penelitian ini memakai metode meta analisis dengan menelaah beberapa artikel pada jurnal nasional. Meta analisis pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis efektivitas peran teman sebaya terhadap peningkatan social skill pada peserta didik. Meta analisis memiliki beberapa tahapan yaitu mengarahkan pada topik/tema, membuat desain secara holistic atau keseluruhan, mencari sampel penelitian, mengumpulkan data, serta menganalisis data. Sesuai hasil penelitian sampel 8 jurnal dan 2 skripsi menunjukkan besarnya imbas penerapan peran teman sebaya kearah yang positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari data yang telah dianalisis yakni 19,9. Kemudian dari data-data sebelumnya dan rata-rata sesudah dengan peran teman sebaya mempunyai perubahan yang cukup signifikan sebanyak 30,935%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan peran teman sebaya mampu meningkatkan social skill peserta didik. Hal ini dikarenakan penerapan peran teman sebaya cukup efektif digunakan untuk meningkatkan social skill peserta didik. Kesimpulan penelitian ini dapat ditinjau bahwa dengan penerapan peran teman sebaya dapat menyampaikan dampak positif terhadap meningkatnya social skill pada siswa.
Abstract
Sahabat sebaya atau teman sebaya memegang peran yang sangat penting dalam peningkatan keterampilan sosial. Teman sebaya juga berperan dalam membantu meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini menganalisis keberhasilan peran teman sebaya dalam meningkatkan social skill pada peserta didik. Penelitian ini membandingkan 8 jurnal dan 2 skripsi yang sudah memenuhi syarat. Penelitian ini memakai metode meta analisis dengan menelaah beberapa artikel pada jurnal nasional. Meta analisis pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis efektivitas peran teman sebaya terhadap peningkatan social skill pada peserta didik. Meta analisis memiliki beberapa tahapan yaitu mengarahkan pada topik/tema, membuat desain secara holistic atau keseluruhan, mencari sampel penelitian, mengumpulkan data, serta menganalisis data. Sesuai hasil penelitian sampel 8 jurnal dan 2 skripsi menunjukkan besarnya imbas penerapan peran teman sebaya kearah yang positif. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata yang diperoleh dari data yang telah dianalisis yakni 19,9. Kemudian dari data-data sebelumnya dan rata-rata sesudah dengan peran teman sebaya mempunyai perubahan yang cukup signifikan sebanyak 30,935%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan peran teman sebaya mampu meningkatkan social skill peserta didik. Hal ini dikarenakan penerapan peran teman sebaya cukup efektif digunakan untuk meningkatkan social skill peserta didik. Kesimpulan penelitian ini dapat ditinjau bahwa dengan penerapan peran teman sebaya dapat menyampaikan dampak positif terhadap meningkatnya social skill pada siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.