Pengembangan Bahan Ajar Dongeng Berbasis Whole Languange untuk Siswa Kelas III SD/MI

  • susmawati susmawati UIN STS Jambi

Abstract

Dongeng merupakan materi dan metode paling menyenangkan dan memudahkan guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran kepada pesertadidik. Dongeng dapat melatih keterampilan bahasa dan komunikasi peserta didik. Oleh karena itu, perlunya dikembangkan bahan ajar dongeng yang menarik sesuai dengan kebutuhan pesertadidik. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku dongeng berbasis Whole Languange (buku siswa) dan buku petunjuk menggunakan buku dongeng berbasis Whole Languange (buku guru) untuk siswa kelas III SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) dengan prosedur model Borg and Gall. Hasil validasi produk menyatakan 87,76% produk valid. Hasil analisis penerapan produk mendapatkan angka 92,00% (menarik), dan berdasarkan hasil wawancara sebagian besar peserta didik memberikan respon bahwa buku dongeng yang dikembangkan menarik. Sedangkanhasilobservasimenyatakanbahwabukudongeng yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan bahasa peserta didik.

Published
2020-12-12
How to Cite
SUSMAWATI, susmawati. Pengembangan Bahan Ajar Dongeng Berbasis Whole Languange untuk Siswa Kelas III SD/MI. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), [S.l.], v. 4, n. 2, p. 14-18, dec. 2020. ISSN 2598-2206. Available at: <http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/71>. Date accessed: 19 apr. 2021.
Section
Articles