Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Ill-Structure Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi

  • Syahrial Syahrial Universitas Jambi
  • Issaura Sherly Pamela Universitas Jambi

Abstract

Belajar memecahkan masalah dikategorikan Reed dalam keterampilan kogninif yang kompleks. Memecahkan sebuah masalah tergantung pada representasi subjektif yang disimpan dalam ingatan, serta pembentukan representasi internal merupakan sebuah proses yang aktif. Secara umum masalah diklasifikasikan dalam 2 jenis, yaitu: well-structure dan ill-structure. Masalah ill-syructure merupakan masalah dengan penyelesaian yang rumit, biasanya masalh ini tidak jelas, namun Keterampilan memecahkan jenis masalah ill-structure dapat dilatih untuk mengembangkan keterampilan memecahkan masalah ill-structure. Keterampilan pemecahan masalah ill-structure dapat dilakukan dengan mengintegrasikan model problem based learning kedalam proses pembelajaran. Desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dimana terdapat satu kelas eksperimen dan dilakukan pre-test dan post-test. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi semester 3 tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 41 orang. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ill-structur mahasiswa. Hal ini terlihat dari signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,00. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ill-structur mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi.

Published
2018-07-09
How to Cite
SYAHRIAL, Syahrial; PAMELA, Issaura Sherly. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Ill-Structure Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Jambi. PRIMARY EDUCATION JOURNAL (PEJ), [S.l.], v. 1, n. 2, p. 84 - 87, july 2018. ISSN 2598-2206. Available at: <http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/11>. Date accessed: 12 dec. 2019.
Section
Articles